Friday, September 14, 2012

Kebakaran Lahan Semakin Dekat Pemukiman

Kebakaran Lahan Semakin Dekat Pemukiman

Penulis : Dwi Bayu Radius | Jumat, 14 September 2012 | 16:48 WIB

Dibaca:

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan mulai terjadi di sejumlah desa di Kalimantan Tengah. Masyarakat meminta pemerintah daerah turut membantu memadamkan kebakaran itu. Mereka khawatir, kebakaran yang belum bisa diatasi akan merembet ke rumah penduduk.

Kepala Desa Petak Puti, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Yoyo Pidulin (48), Jumat (14/9/2012), mengatakan, kebakaran sudah berjarak sekitar 500 meter dari permukiman penduduk. Masyarakat berupaya melakukan pemadaman semampunya dengan menyiram api. "Asap juga sudah mulai mengganggu," ujarnya.

Menurut Yoyo, kebakaran juga sudah terlihat di daerah lain di Kapuas seperti Dusun Kajaru, Desa Tanjung Kelanis, dan Desa Tumbang Muroi di Kecamatan Mantangai. "Jadi, dengan Desa Petak Puti, saya sudah melihat empat kebakaran. Tolong diperhatikan para petinggi Pemerintah Kabupaten Kapuas," ujarnya.

Kepala Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Yanto (40), mengatakan, pihaknya memiliki peralatan untuk memadamkan api namun masih sangat minim. Kebakaran mulai terjadi di desa tersebut sejak tiga hari yang lalu.

"Selang dan pompa ada tapi sangat terbatas. Kami sudah mengusulkan penambahan peralatan beberapa kali kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau tapi belum dipenuhi," ujarnya.

14 Sep, 2012


-
Source: http://regional.kompas.com/read/xml/2012/09/14/16484830/Kebakaran.Lahan.Semakin.Dekat.Pemukiman
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com