Friday, September 14, 2012

BP Migas Uji 3 Lapangan Migas

Ilustrasi. (Foto: Corbis)

Ilustrasi. (Foto: Corbis)

JAKARTA - Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas bumi (BP Migas) mengaku sedang melakukan uji coba pada tiga lapangan migas Enhanced Oil Recovery (EOR) pada tahun ini. Hal tersebut bertujuan untuk cepatan kegiatan produksi minyak tingkat lanjut.

Deputi Perencanaan BP Migas Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, uji coba lapangan tersebut nantinya akan mengevaluasi kinerja bahan kimia yang diinjeksikan ke dalam zona minyak dalam periode waktu 6-12 bulan.

"Apabila cara tersebut berhasil kemudian akan dilanjutkan dengan proyek pilot selama dua hingga lima tahun," kata Widhyawan, di kantornya, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Widya menambahkan, untuk selanjutnya dalam waktu 5-10 tahun mendatang, diharapkan proyek EOR injeksi kimia dapat berkontribusi pada peningkatan cadangan dan produksi. Menurut Widya, untuk uji coba ketiga lapangan migas tersebut akan dilakukan pada bulan September dan November.

"Lapangan Minas dan Kaji, semoga kita uji coba di Oktober, sementara Lapangan Tanjung pada September ini," tutur dia.

Namun, dalam uji lapangan ini BP Migas mengalami kendala pada teknologi, biaya dan sumber daya manusia. " Itu yang kadang menghambat," tutup Widhyawan. (wdi)

14 Sep, 2012


-
Source: http://economy.okezone.com/read/2012/09/14/278/690054/bp-migas-uji-3-lapangan-migas
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com