Saturday, September 15, 2012

SBY: Asia Pasifik Tonggak Perekonomian Dunia Masa Depan

MOROTAI - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, saat ini kondisi perekonomian dunia tengah mengalami pergeseran. Asia Pasifik pun bisa menjadi tonggak perekonomian dunia.

"Dulu, perekonomian dunia dipimpin oleh kawasan Mediterania tetapi sekarang dipimpin oleh kawasan Atlantik. Di masa depan, saatnya Asia Pasifik yang menjadi tonggak perekonomian dunia," tutur SBY saat memberi sambutan pada acara Sail Morotai di Desa Juanga, Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9/2012).

SBY menyebut, kawasan Asia Pasifik saat ini tumbuh dinamis dan aktif. Hal ini terbukti pada saat pertemuan APEC di Rusia minggu lalu.

"Di pertemuan tersebut, kawasan Pasifik terutama Indonesia diakui menjadi motor perekonomian global sehingga di masa mendatang peran Indonesia diharapkan akan semakin aktif," tambah dia.

Aktifnya Indonesia ini, jelasnya, dibuktikan dengan menjadi tuan rumah APEC 2013.

"Asia Pasifik diharapkan dapat tahan dari krisis global dan menjadi tonggak ekonomi global. Di sinilah kesempatan bagi Indonesia untuk memperlihatkan peran aktifnya," jelas SBY.

Dikatakan SBY, Sail Morotai ini semakin meningkatkan posisi Indonesia dalam perekonomian Asia Pasifik.

"SDM harus dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan ini, pembangunan berkelanjutan, terutama di kawasan timur Indonesia, dapat tercapai dengan lebih baik," tandasnya. (gna) (rhs)

15 Sep, 2012


-
Source: http://economy.okezone.com/read/2012/09/15/320/690343/sby-asia-pasifik-tonggak-perekonomian-dunia-masa-depan
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com