Saturday, September 15, 2012

"PN Garam Harus Beli Garam Petani"

SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mendesak Perusahaan Nasional (PN) Garam untuk membeli garam milik petani. Hal itu menyusul anjloknya harga garam saat ini.

"Solusi untuk mengatasi anjloknya harga garam ini harus ada perusahaan nasional yang membeli garam rakyat," kata Hatta usai memberi kuliah umum di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Sabtu (15/9/2012).

Saat ini, menurut dia, pemerintah masih menggodok harga pokok penjualan (HPP) Garam. Ke depan, pemerintah mewacanakan pelarangan pembelian garam di bawah HPP. Keberadaan HPP akan lebih melindungi petani. Selain itu, agar produksi garam rakyat mampu memenuhi kebutuhan, maka pemerintah akan melakukan berebagi program pemberdayaan usaha garam rakyat (Pugar).

"Kita tidak ingin kurang, ya kita tingkatkan melalui program Pugar," katanya.

Disinggung soal garam impor yang tidak menutup kemungkinan akan menjadi garam konsumsi dan dibeli oleh PN Garam,  Hatta menegaskan, tidak boleh membeli garam impor ketika panen garam melimpah.

"Garam rakyat harus dibeli dulu. Kalau garam rakyat tidak mencukupi maka boleh melakukan pembelian (garam impor)," tukasnya. (gna)

(rhs)

15 Sep, 2012


-
Source: http://economy.okezone.com/read/2012/09/15/320/690340/pn-garam-harus-beli-garam-petani
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com