Monday, August 13, 2012

Atasi Rasa Lelah Jadi Ibu Baru (I)

RASA lelah selalu menjadi keluhan yang hampir dilontarkan oleh setiap wanita yang baru memiliki bayi. Tidak hanya pada proses pemulihan pasca melahirkan, tapi juga ketika melakukan kewajiban untuk merawat si kecil setelahnya.
 
Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lelah yang dialami saat menjadi ibu baru. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya seperti yang dilansir dari Sheknows.

Memperhatikan kondisi fisik

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi fisik sebenarnya. Banyak wanita yang mengalami kelelahan karena merasa depresi. Melalui konsultasi, Anda akan tahu penyebab rasa lelah yang dirasakan selama ini.

Jangan lupakan sarapan
 
Walaupun Anda sibuk memenuhi kebutuhan si kecil, tapi Anda juga tidak boleh melewatkan sarapan. Sarapan yang sehat akan bantu tubuh menjaga gula darah tetap stabil. Seorang peneliti dari Universitas Cardiff di Inggris menemukan bahwa, sarapan akan membantu Anda mengontrol hormon stres dan kortisol, yang secara tidak langsung akan membantu menjaga berat badan Anda. Konsumsilah oatmeal atau roti gandum ditambah dengan buah-buahan segar, tentu akan sangat membantu.

Sedia makanan sehat

Gantilah keripik kentang, kue-kue kering, dan makanan berlemak lainnya dengan makanan yang kaya akan serat. Penuhi kulkas Anda dengan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, sereal sehat, susu dan yougurt rendah lemak serta kacang-kacangan. Selain baik bagi percernaan, makanan tersebut juga bisa menjadi penambah energi Anda.
 
Makan dengan teratur

Saat bersama si kecil Anda mungkin tidak sempat untuk makan tepat waktu. Usahakan Anda untuk tetap konsumsi kudapan sehat setiap empat jam sekali bila tidak sempat makan siang atau makan malam. Ini akan membantu gula darah Anda tetap stabil sehingga akan membuat tubuh terasa fit sepanjang hari. (ina)
(tty)

13 Aug, 2012


-
Source: http://lifestyle.okezone.com/read/2012/08/13/196/677109/atasi-rasa-lelah-jadi-ibu-baru-i
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com