Monday, July 16, 2012

Pemerintah Jamin Ketersediaan Bahan Pokok


JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemerintah menegaskan stok bahan kebutuhan pokok selama bulan puasa hingga Lebaran mencukupi. Karenanya masyarakat tidak perlu panik dengan kelangkaan. Kenaikan harga yang terjadi di pasar lebih disebabkan karena lonjakan permintaan dan gangguan distribusi.

"Intinya lebih karena persoalan permintaan dan penawaran. Selain itu juga karena keterbatasan prasarana. Karenanya pemerintah akan fokus pada penyediaan prasarana. Itu akan lebih mempengaruhi stabilitas harga," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Senin (16/7/2012) di Jakarta.

Dia mengatakan, kenaikan harga bahan pokok menjadi persoalan bagi konsumen karena sifatnya sulit tergantikan. Menurut Gita, dari sisi produksi, seperti gula dan ayam sebenarnya sudah mengalami kenaikan. "Bahan pokok subtitusinya memang tidak mudah, karenanya pasokan harus terjamin," ujarnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi yang melibatkan dinas daerah dan asosiasi. Dari rapat tersebut memang diakui ada kenaikan tinggi pada harga daging ayam dan daging sapi. Namun sisi suplainya masih aman. "Daerah juga antusias untuk menggelar pasar murah," katanya.

  <!--Baca Juga Lipsus Asuransi 2011 Kompas.com -->








































Orignal From: Pemerintah Jamin Ketersediaan Bahan Pokok