Sunday, July 15, 2012

Mengapa Stroke Lebih Mematikan pada Akhir Pekan  






, Jakarta: Ribuan pasien stroke meninggal atau mengalami cacat serius setiap tahun. Sebuah penelitian mengungkap parahnya akibat yang dialami pasien stroke itu karena mereka terkena serangan pada akhir pekan.

Menurut peneliti dari Imperial College London and the National Audit Office, pasien yang terkena serangan pada Sabtu atau Minggu cenderung kurang menerima penanganan medis yang penting. Akibatnya, banyak pasien yang harus kehilangan nyawa atau mengalami cacat serius.

Dalam studi ini, peneliti mempelajari pasien di Inggris yang dirujuk ke rumah sakit karena stroke dari April 2009 hingga Maret 2010. Jumlah pasien tersebut hampir mendekati 100 ribu pasien.

Hasilnya, mereka menemukan lima dari enam pengukuran kinerja di rumah sakit berada pada tingkat terendah pada akhir pekan. Di akhir pekan, hanya 43,1 persen pasien menerima scan otak pada hari yang sama, sementara pada hari kerja, pasien yang menerima scan otak pada hari itu juga adalah sebesar 47,6 persen.

Penelitian juga mengungkap bahwa tingkat kematian pasien yang dirujuk pada hari Minggu adalah 11 persen, sementara pada hari kerja tingkat kematian rata-rata adalah 8,9 persen.

"Kami menghitung sekitar 350 kematian yang berpotensi dihindari terjadi dalam tujuh hari setiap tahun dan bahwa tambahan 650 pasien dapat dipulangkan ke tempat tinggal mereka dalam 56 hari jika kinerja rumah sakit pada hari kerja direplikasi di akhir pekan," kata kepala peneliti William Palmer pada jurnal Archives of Neurology.

Hasil penelitian ini menjadi penting karena stroke menjadi penyebab terbesar dari kecatatan di Inggris. Bahkan biaya yang mesti ditanggung oleh National Health Service dalam setahun mencapat tiga miliar poundsterling.

DAILY MAIL | AMIRULLAH



Berita Terkait:
Sinar Matahari Turunkan Risiko Stroke
Menusuk Jari Pasien Stroke Tidak Efektif
Waspadai Stroke Menyeret Saudara Sekandung
Agar Denyut Jantung Tetap Seirama

Denyut Jantung Tak Seirama, Waspada Stroke

Games Baik untuk Terapi Stroke

Makanan Kaya Magnesium Turunkan Risiko Stroke

Waspadai Stroke Saat Kerja





Orignal From: Mengapa Stroke Lebih Mematikan pada Akhir Pekan