Friday, July 20, 2012

Pertamina Bangun SPBU di Timor Leste


JAKARTA, - Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), Hanung Budya, mengatakan Pertamina telah meneken nota kesepahaman dengan perusahaan minyak dan gas Timor Leste, TimorGAP, untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di 13 distrik, di Timor Leste. "Di Timor Leste sudah ada kerja sama dengan perusahaan minyak dan gas Timor Leste, TimorGAP. Ada MoU (nota kesepahaman) dan kita kerja sama untuk membangun SPBU di 13 distrik," sebut Hanung, di Jakarta, Jumat (20/7/2012).

Dijelaskan dia, untuk tahun pertama yakni tahun 2013, Pertamina akan membangun SPBU di tiga distrik terlebih dahulu. Satu SPBU akan dibangun di satu distrik. "Salah satu di Dili," sambung dia.

Kemungkinan, dalam mendirikan SPBU tersebut akan menggunakan strategi co-branding. Artinya, ada logo Pertamina dan ada logo TimorGAP di SPBU yang dibangun. "Kita bangun SPBU-nya, kita suplai BBM-nya dan mereka siapkan lahan, bantu pengurusan perizinan," tambahnya.

Hanung pun menuturkan, tidak ada kendala terkait aturan dalam mendirikan SPBU di negara yang tadinya menjadi bagian wilayah Indonesia itu. Bahkan, TimorGAP yang mengundang Pertamina untuk berinvestasi di negaranya. "Jadi ini bagian dari pembangunan infrastruktur di Timor Leste," tuturnya.

Nantinya, selain bekerja sama dalam hal ritel, Pertamina juga sedang mempertimbangkan untuk bekerja sama dalam pasokan BBM industri ataupun untuk kebutuhan tenaga listik. "Termasuk juga dalam MoU tersebut dimungkinkan ke depan untuk bekerja sama di sektor hulu," kata Hanung.

"Potensi tinggi, kan dia ada cadangan gas," tambah Hanung. <!--Baca Juga Lipsus Asuransi 2011 Kompas.com -->








































Orignal From: Pertamina Bangun SPBU di Timor Leste