Friday, July 20, 2012

Dana Kontingen Olimpiade Cair






, Jakarta - Dana untuk keperluan keberangkatan Kontingen Indonesia ke Olimpiade Ke-30 di London, Inggris, 27 Juli-12 Agustus dicairkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Jumat, 20 Juli 2012. Perwakilan atlet dan ofisial tujuh cabang olahraga yang lolos kualifikasi Olimpiade dipanggil untuk menerima dana tunai guna membiayai keperluan mereka selama di Inggris nanti.

"Dana yang dibagikan hari ini adalah dana untuk keperluan operasional kontingen  meliputi uang saku, tiket, akomodasi, hingga konsumsi," kata Deputi Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, kepada TEMPO.

Dia jelaskan lebih lanjut bahwa total dana yang dialokasikan pemerintah berjumlah Rp 26,6 miliar untuk kontingen Olimpiade dan Kontingen Paralimpik. Pencairan dana kemarin diprioritaskan untuk Kontingen  Olimpiade, karena akan lebih dulu bertolak ke London, Senin dini hari mendatang.

Sementara itu, pembagian uang untuk kontingen yang berlaga di ajang Paralimpic dilakukan kemudian. Paralimpik akan berlangsung di London, 29 Agustus-9 September mendatang atau dua pekan setelah penutupan Olimpiade Ke-30 tersebut.

Djoko berharap pendistribusian uang bisa rampung sesuai rencana tanpa kendala apa pun. Menurut dia, pembagian dana operasional yang disebut lumsum itu idealnya sudah dibagikan lima hari sebelum keberangkatan kontingen.

Pembagian uang semula akan dilakukan secara langsung kepada para atlet. Namun jika atlet bersangkutan berhalangan, maka uang akan dibagikan melalui manajer atau perwakilan cabang olahraganya, asalkan uang benar-benar sampai ke tangan atlet, dan prosesnya tidak menyulitkan siapapun.

Selain untuk kepentingan uang saku atlet,  sebagian uang akan diberikan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk membayar biaya penginapan dan tiket. Tentang rincian nominal pembiyaan Kontingen, Djoko tidak bisa merincinya. "Nominalnya berapa, saya tidak ingat," tutur dia.

Djoko menegaskan, uang yang dibagikan hari ini bukan termasuk uang untuk membeli peralatan pertandingan. Dia tegaskan  pembelian peralatan tersebut harus melalui tender karena jumlahnya sangat besar. "Pengadaan alat butuh waktu lama, dan sudah sejak jauh hari proses tender dilakukan. Bahkan ada yang sudah menjalani prosesnya sejak Mei lalu," katanya.

Pada Olimpiade London 2012, Indonesia mengirimkan Kontingen berkekuatan 41 orang. Dari jumlah itu, 21 di antaranya atlet dari tujuh cabang olahraga dan sisanya ofisial. Para atlet yang berangkat tersebut terdiri dari 9 atlet bulu tangkis, 6 atlet angkat besi, 2 atlet atletik, dan masing-masing seorang atlet panahan, menembak, renang, dan anggar.

MUHAMAD RIZKI





Orignal From: Dana Kontingen Olimpiade Cair