Sunday, July 1, 2012

OPM Gunakan Senjata Rakitan Tembak TNI






TEMPO.CO, Jayapura – Panglima Kodam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Erwin Syafitri mengatakan, kelompok Organisasi Papua Merdeka menggunakan senjata rakitan serta pistol saat menembak mobil Danyon 431 dan seorang Kepala Desa bernama Johanes Yanafrom (30), di Keerom, Ahad 1 Juli 2012, sekitar pukul 09.15 wit.

"Senjatanya campuran, ada bunyi rentetan, ada senjata rakitan juga pistol," kata Erwin Syafitri, Minggu sore.

Ia mengatakan, penembakan di Kali UB, diatas Camp PT Agung Mulia, Jalan Arso ke Wembi, sekitar 500 meter ke Saweotami, terjadi begitu cepat. Saksi dalam peristiwa itu yakni delapan personil Yonif Linud 431 diantaranya Letkol Indarto, Kapten Hendra Cipta, Sersan Dua Rahman, Serda Joyo Lino, Kopda Roslan, Pratu Irwan, Pratu Patrai dan Pratu Rianus. "Pertama mereka menembak Danyon (Komandan Batalyon), namun mobil Danyon berhasil meloloskan diri, ada sekitar dua kendaraan yang mengawal mereka lolos," ujarnya.

Adapun Johanes Yanafrom ditembak saat mengendarai motor Honda Blade. Korban meninggal dengan luka kepala depan tembus belakang serta di bagian dada. "Markas OPM itu di Yeti dan Bewani, mereka bisa jadi lari kesana," kata Erwin.

Jenazah Johanes dari pantauan Tempo, telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan otopsi. "Setelah di otopsi, korban akan dikembalikan ke keluarga di Keerom. Itu terserah keluarga kapan kembalinya," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Ajun Komisaris Besar Yohanes Nugroho Wicaksono.

Ia mengatakan, situasi di Keerom saat ini sudah kondusif. "Aman sekarang, soal enam Bintang Kejora yang ditemukan itu, saya kurang tahu, dari data kami, hanya dua yang ditemukan, lainnya mungkin saja didapat saat penyisiran di lokasi kejadian," ucapnya.

Sebelumnya dua Bintang Kejora ditemukan polisi, pertama di belakang Hotel Mulia Idaman, Entrop, Jayapura Selatan, Kota Jayapura dan di Wilayah Bumi Perkemahan, Ekspo, Waena, Kota Jayapura. "Ada juga didapat di Kimbim, Pegunungan Tengah dan Gunung Susu di Wamena," kata Erwin Syafitri lagi.

JERRY OMONA

Berita Terpopuler Lainnya
OPM Masuk Kota Tembak Kepala Desa

Polri Sita Enam Bendera Bintang Kejora
Imparsial Ragu OPM Terlibat Penembakan di Papua
Tersangka Ribut Antar-Ormas Diburu dengan Foto

DPR Harap Pemerintah Bekukan Aktivitas PP dan FBR





Orignal From: OPM Gunakan Senjata Rakitan Tembak TNI