Sunday, July 22, 2012

Kini, Diabetes Serang Anak Usia Tujuh Tahun






, Jakarta - Meningkatnya gaya hidup tidak sehat telah menyebabkan anak-anak berusia tujuh tahun terdiagnosis diabetes tipe 2. Padahal biasanya penyakit ini dialami oleh mereka yang berusia menengah atau bahkan lebih tua. Demikian para ahli mengingatkan.

Para orang tua disalahkan karena telah membiarkan anak-anak mereka berangkat sekolah, memberikan makanan tidak sehat (junk food), dan tidak melarang anak-anak yang hanya beraktivitas duduk di dalam rumah seharian.

Para ahli mengingatkan bahwa "tsunami" diabetes tengah mengancam, tapi banyak orang tak peduli dengan risiko yang tengah mereka hadapi. Dalam sebuah panel yang diselenggarakan oleh National Institute for Health and Clinical Excellence (Nice), dikatakan bahwa banyak orang sudah mendengar mengenai penyakit diabetes ini, tapi mereka tak yakin kondisinya seburuk itu.

Diabetes tipe 2 yang mengindikasikan penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin dan menoleransi glukosa kadar tinggi, dikenal juga dengan sebutan mature onset diabetes. Namun anggota panel mengatakan bahwa sebutan itu tak lagi bisa digunakan karena peningkatan jumlah orang muda yang terdiagnosis diabetes.

Christine Coltrell, spesialis diabetes dari Warwick, mengatakan, "Kita menghadapi anak-anak berusia tujuh tahun yang terkena diabetes tipe 2, hal tersebut membawa konsekuensi yang merusak kesehatan dalam jangka panjang." Ia mengatakan anak-anak tersebut memang mengalami obesitas, tapi gaya hiduplah yang menyebabkan diabetes menjadi endemik. "Anak-anak tersebut akan terkena serangan jantung, kehilangan salah satu anggota tubuh atau penglihatan mereka pada usia 30-an atau 40-an," ujar Coltrell. "Ketika kita melihat gaya hidup kita sekarang, ada banyak makanan siap saji yang disantap. "Orang tidak lagi berjalan kaki mengantar anak-anak mereka ke sekolah, mereka menyetir."

Menurut Kamlesh Khunti, seorang dokter umum yang juga profesor perawatan kesehatan di Leicester University, sebuah penelitian pada anak-anak sekolah menengah menunjukkan bahwa 40 persen dari mereka menghabiskan empat jam setiap malam untuk duduk.

Saat ini jumlah anak di bawah 16 tahun di Inggris yang didiagnosis diabetes tipe 2 "hanya" 300 orang per tahun. Namun Khunti mengingatkan, "Kecuali kita melakukan sesuatu, jumlah ini akan meningkat dan semakin buruk. Di Amerika, sekitar 40 persen direferensikan ke klinik dokter anak karena diabetes tipe 2."

Penyakit diabetes tipe 2 ini berkembang seiring dengan meningkatnya usia akibat makan terlalu banyak dan tidak cukup berolahraga meski ada juga faktor genetik yang mempengaruhi. Orang-orang dari Asia Selatan, Cina, dan Afro-Afrika lebih cenderung diwarisi dan mewariskan penyakit ini. Saat ini hampir 3 juta orang didiagnosis diabetes sementara 850 ribu orang lainnya diperkirakan terkena penyakit ini tanpa mereka menyadarinya.

TELEGRAPH | ARBA'IYAH SATRIANI

:

Ini Bahaya Makanan Cepat Saji ala Barat
Lakukan Ini Supaya Anda Panjang Umur
Manfaat Kedelai bagi Penderita Diabetes

Tip Mengenali Tipe Diabetes Melitus
Wanita Kalahkan Pria dalam Tes IQ

Afrika Selatan Tarik Setengah Juta Alat Tes HIV





Orignal From: Kini, Diabetes Serang Anak Usia Tujuh Tahun