Sunday, July 22, 2012

Kanker Payudara Berkaitan dengan Ukuran Bra  






, Jakarta- Wanita dengan ukuran payudara lebih besar diyakini para ilmuwan lebih rawan terkena kanker payudara. Sebuah studi terhadap lebih dari 16 ribu wanita menemukan bahwa mereka yang mengenakan bra ukuran lebih besar berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Hubungan tersebut bisa diturunkan dari hormon estrogen yang bisa memicu pertumbuhan kelenjar susu dan tumor. Para peneliti menemukan tujuh faktor genetis yang secara signifikan terasosiasi dengan ukuran payudara--tiga di antaranya berkorelasi sangat kuat dengan mutasi yang berkenaan dengan kanker payudara.

Menurut Dr. Nicholas Eriksson, salah satu varian diketahui mengatur ekspresi dari gen reseptor estrogen yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan payudara. Temuan ini dipublikasikan secara online di BMC Medical Genetics.

"Ini mungkin terdengar sembrono pada awalnya, tapi penelitian kami menunjukkan hubungan yang mengejutkan antara ukuran payudara secara genetis dan kanker payudara secara genetis," kata Eriksson. "Mutasi yang lain berada di wilayah genom yang sering menunjukkan abnormalitas di antara orang-orang dengan ukuran tertentu pada kanker payudara," kata dia seperti dikutip situs Telegraph.

Dr. Eriksson melakukan survei yang menanyakan di antaranya ukuran cup bra dan ukuran tali bra, serta membandingkannya dengan data genetis dari mutasi yang berjumlah jutaan. Hasilnya, ternyata ada kaitannya. Wanita dengan ukuran payudara lebih besar diyakini para ilmuwan lebih rentan terkena kanker payudara.

Ia menambahkan bahwa faktor genetis ikut berpengaruh meski seorang wanita menggunakan cup berukuran A atau D.

TELEGRAPH | ARBA'IYAH SATRIANI

:






Orignal From: Kanker Payudara Berkaitan dengan Ukuran Bra